Success: Still Wanna Test Your Luck?

Posting kelima. Let‘s start.

Pernah gak kalian gagal dapetin sesuatu yang kalian inginkan trus kalian bilang, “Duh, gw gak hoki nih.” Ato kalian bilang, “Dewi Fortuna gak ada di pihak gw nih.” Sekali dua kali, kita semua pasti pernah menyalahkan luck atas apa yang gagal kita dapatkan.

Keberuntungan, atau luck, adalah sesuatu yang sangat didambakan ama semua orang, sampe2 kita iri sama Gladstone alias Untung, sepupunya Donald Duck yang selalu dinaungi awan keberuntungan. Lucky yang dimaksud bermacam rupa, dari lucky punya istri cantik atau suami ganteng padahal muka pas2an, lucky punya karir bagus, sampe lucky I‘m in love with my bestfriend (hyahh…). Saking besarnya pengaruh luck dalam kehidupan kita sehingga hampir setiap sukses pasti dikaitkan ama faktor luck.

Saking besarnya keinginan orang untuk dapetin apa yang diinginkan, atau memperbesar luck sehingga bisa mempermulus jalan ke kesuksesan, berbagai atribut yang berkaitan ama luck jadi laris manis bak kacang goreng di musim hujan (loh? Ya kan gw yang nulis, jadi suka-suka gw dong mo pake analogi apa, haha). Dari semanggi berdaun empat, sampe kaki kelinci, lazim jadi buruan orang karena dianggap bisa mendatangkan keberuntungan.

Gw sendiri gak terlalu percaya keberuntungan adalah faktor besar dalam kesuksesan. Betul, bahwa keberuntungan punya porsi sendiri dalam kesuksesan, tapi not a sole factor, or so damn very influential. Buat gw, ada tiga faktor yang ngaruh kepada kesuksesan seseorang:

1. Opportunity. Opportunity ini yang paling penting. Opportunity, adalah hal paling langka dalam hidup, karena kadang cuma datang satu kali dan gak akan berulang. Sumber terbesar frustrasi seseorang adalah karena dia gagal mengambil dan memanfaatkan opportunity yang dateng pada dirinya, karena sekali kalian gagal ambil dan manfaatin opportunity itu, kalian mungkin makin jauh dari kesuksesan yang seharusnya bisa kalian raih.

2. Ability. Selain opportunity, hal yang paling penting dari kesuksesan adalah ability. Ability dan opportunity berjalan beriringan, gak bisa sendiri-sendiri. Kalian gak bisa mengambil dan memanfaatkan opportunity dengan maksimal kalo kalian gak punya ability yang memadai. Vice versa, kalo kalian punya ability dan gak dapet opportunity, ya sama aja, tetep aja faktor pendukung kesuksesan kalian gak akan maksimal.

3. Luck. Nah akhirnya masuk ke pembahasan utama. Luck jadi faktor terakhir buat gw. Kenapa? Karena luck sesungguhnya gak akan ada kalo kalian gak punya dua faktor diatas. Pernah denger quote bahwa dalam kesuksesan, 1% luck 99% hardwork? Jadi harus kerja keras dulu, baru luck itu akan datang dengan sendirinya.

Dengan tiga faktor diatas, gw totally gak percaya ama ramalan-ramalan yang bilang bahwa lo akan luck kalo kerja di bidang A, B, C dan sebagainya. Ya kalo kalian kerja keras di suatu bidang, dan kalian ahli di bidang itu serta pandai seizing opportunity, gw yakin betul kalo keberuntungan akan datang. Contoh nyata adalah seorang eks jenderal n eks pangab era orde baru yang sekarang mau nyalon presiden. Menurut kabar yang gw terima, waktu reformasi dulu, Presiden Suharto sempet mau keluarin semacam Supersemar ke si jenderal eks pangab ini. Bapak jenderal nolak, padahal kan kalo dia terima, dia bisa jadi presiden tuh. Nah ini contoh orang yang punya ability, tapi not seizing opportunity, jadi dia gak dinaungi luck. Lalu kalopun dia mau maju sekarang, gw rasa udah telat banget.

Jadi demikian. Untuk bisa sukses, make sure kalian punya ability yang dibutuhkan untuk sukses di bidang yang ingin kalian geluti. Trus, kalo kalian yakin kalian mampu, grab the opportunity. Kalo katanya Kelly Clarkson di lagu Breakaway, you gotta take a risk, take the chance, make a change. Jangan ragu ambil risiko, jangan ragu menantang diri kalian sendiri, karena kesempatan gak datang dua kali. You gotta make the choice, it‘s now or never! Jika kalian bisa memanfaatkan opportunity itu dengan ability yang kalian miliki, trust me, luck will come over you.

So, still wanna try your luck?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s